100+ Faktor Peringkat Hasil Pencarian Google

Google Rank Factor


Last Update : Sunday, March 17, 2019 at 11:03


Praktik meningkatkan secara optimal seo blogspot terbaik yaitu dengan memahami tren dan kondisi update mesin pencari terbaru 2019. Agar blog tampil dengan ranking teratas anda perlu mengetahui faktor peringkat hasil pencarian google. 100 lebih faktor penentu berikut ini sanggup mempengarui, menentukan, memposisikan, dan menaikkan peringkat blog pada hasil pencarian. Agar gampang dipahami artikel ini saya kelompokkan menjadi beberapa kategori faktor penentu. Saya mengambil beberapa rujukan beberapa pakar seo internasional menyerupai Backlink dot co, Moz, SEJ, SEL, serta halaman resmi dukungan webmaster google. Halaman-halaman tersebut secara terperinci menyebutkan ratusan aspek atau hal-hal yang sanggup menghipnotis rangking sebuah situs.


Berdasarkan pengalaman saya ngeblog semenjak 8 tahun yang kemudian saya beropini bahwa blog dengan teknik seo berikut ini sanggup menghipnotis peringkat artikel. Dengan cara resmi dan dengan tawaran sesuai kebijakan mesin pencari akan menciptakan posisi blog selalu konsisten dan tetap mendapat trafik yang konsisten pula. Selamat membaca pengalaman saya dalam blogging!.

Google melalui website secara resmi mempublikasikan cara kerja penelusuran1 serta uraian singkat perihal algorithma bahwa terdapat ratusan lebih faktor yang sanggup menghipnotis rangking sebuah halaman blog. Terdapat setidaknya 200 faktor penentu peringkat situs pada mesin pencari menyerupai juga dijelaskan oleh SEJ (Search Engine Journal). Lihat klarifikasi google melalui screenshot di bawah ini


faktor penentu peringkat google

Kaitannya meningkatkan secara optimal SEO untuk blogspot saya menuliskan 100+ cuilan supaya sanggup dimaksimalkan untuk memperbaiki peringkat blog. Faktor penentu posisi blog pada hasil pencarian memang sepenuhnya menjadi kebijakan Google. Akan tetapi dengan perjuangan berikut sanggup besar lengan berkuasa besar bahwa evaluasi blog kita layak untuk masuk pada posisi pertama hasil pencarian Google. Apa saja faktor penting penentu supaya posisi blog menjadi no.1 pada penelusuran Google? Mari kita bahas bersama.

A. Kata Kunci

Google sebagai penyedia layanan pencarian dengan hanya memasukkan kata kunci tentu imbas penggunaan kata kunci pada blog menjadi paling utama sebagai penentu hasil pencarian. Sebagai dasar meningkatkan secara optimal SEO blogspot, saya mengambil rujukan berdasarkan Brian (CEO baclink.co) melalui artikelnya perihal Google’s 200 ranking factor2 yaitu :

1. Kata Kunci Judul Blog/Nama Blog
2. Kata Kunci Judul Artikel
→ Kata Kunci Deskipsi
Untuk pembuatan deskripsi untuk header blog maupun deskripsi judul posting teman-teman sanggup mengikuti pedoman membuat judul dan cuplikan yang baik di hasil penelusuran.3 Deskripsi nama blog maupun deskripsi pada postingan berfungsi untuk memberitahu mesin pencari perihal uraian singkat halaman. Pada hasil pencarian (Google) deskripsi yang sesuai kata kunci akan ditebalkan.
3. Kata Kunci Heading
HTML heading berfungsi untuk prioritas halaman sesudah itu menunjuk pada heading selanjutnya. Jika H1 ialah judul blog maka seharusnya judul postingan ialah H2. Untuk blogspot dikenal dengan tehnik pemindahan heading dengan cara menciptakan blog dynamic heading. Yaitu memindah posisi judul posting menjadi H1 kemudian akan loncat ke heading selanjutnya misalkan H2 nama blog. Penggunaan heading h1 disertai kata kunci akan menghipnotis posisi judul postingan di hasil pencarian.
4. Kata Kunci Artikel
Penggunaan kata kunci pada artikel masih menjadi tranding topik hingga dikala ini. Patokan penggunaannya, jumlah sesuai rumus tertentu, bahkan setiap tahun untuk teori kata kunci artikel selalu berubah-ubah sejalan dengan tehnik SEO terbaru. Hingga dikala ini saya masih berguru menggunakan kata kunci pada artikel alasannya penggunaan yang salah sanggup menghipnotis posisi peringkat artikel.
5. Kata Kunci Tranding/Persaingan
Jika teman-teman mengikuti kursus SEO maka akan mengikuti kelas tertentu sesuai tingkatannya. Untuk pemula menyerupai saya, gres sebatas kata kunci dengan persaingan sejuta kata pada hasil penelusuran. Persaingan kata kunci yang lebih banyak menciptakan meningkatkan secara optimal seo blogspot semakin sulit dan rumit. 100 faktor peringkat hasil pencarian ini masih terlalu sedikit untuk dilakukan supaya posisi artikel naik. Dengan kata lain semakin banyak persaingan kata kunci, semakin susah menduduki tingkat pertama hasil pencarian tersebut.
6. Kata Kunci URL

Sama halnya dengan nama domain kata kunci url sanggup menghipnotis peringkat situs pada hasil pencarian. Hal ini terlihat terperinci pada hasil pencarian mesin pencari Bing. Misalkan anda mengetikkan “belajar seo” maka url yang mengandung kata “belajar seo” akan muncul pada hasil pencarian lebih awal. Bila anda menggunakan blogspot, url artikel sanggup diganti dengan cara menggunakan fitur tautan permanen atau permalink blogspot.

7. Kata Kunci Kerapatan
Keyword Density atau kerapatan kata kunci sanggup menginformasi mesin pencari memilih ranking blog. Seberapa sering kata kunci itu muncul dan banyak sekali fariasi tampil sanggup menginformasi bahwa artikel tersebut memang menjelaskan materi. Namun tak ada jaminan kewords density bisa menghipnotis peringkat. Bahkan moz sendiri mengindikasi bahwa google tidak pernah menggunakan kerapatan kata kunci sebagai faktor rangking sebuah situs. Jika seberapa banyak kata kunci muncul dalam halaman, semua orang akan berlomba-lomba memperbanyak kerapatan kata kunci tersebut.
8. Kata Kunci Gambar
Penggunaan kata kunci pada gambar sudah umum dilakukan seorang webmaster. Caranya dengan menambah HTML tag alt dan HTML tag title pada gambar. Masukkan minimal 2 kata dan maksimal 5 kata pada setiap halaman artikel. Biasanya meningkatkan secara optimal seo ini di khususkan untuk hasil pencarian gambar google.
9. Kata Kunci Panjang (Long Tail Keyword)
Long tail keyword diciptakan jauh sebelum google penelusuran bunyi secara resmi diluncurkan. Kata kunci panjang ini diciptakan untuk terhubung eksklusif dengan pelanggan dan juga sebelum layanan google bisnis lokal dibuka. Long tail keyword masih menjadi pola bahwa kata kunci panjang bisa saja menghipnotis pencarian. Sebagai contoh teman-teman mengetikkan kata kunci “KUE”, “KUE KLAPPERTAART” dan “KUE KLAPERTAART MANADO”. Pengunjung akan mencari dengan kata kunci lebih spesifik yaitu mengenai resep, apa itu masakan ringan manis klapertaart, bahkan yang lebih spesifik lagi menyebutkan tempat. Posisi blog dipengaruhi juga oleh pencarian dengan cara long tail keyword tersebut. Dari studi perkara hasil pecarian sering dijumpai artikel dengan judul panjang disertai long tail keyword.

Kasus umum terjadi yaitu pengunjung jikalau mencari “RESEP” dan hanya memasukkan “KUE KLAPERTAART” maka akan terjadi banyak sekali variasi mulai dari resep, toko kue, bahkan beberapa artikel yang tampil sedikit berbeda maksud dengan resep tersebut. Jika penggunaan kata kunci panjang (long tail keyword) dilakukan dengan baik, posisi peringkat blog secara teknis sanggup naik. Beberapa kata kunci panjang sanggup dijumpai pada judul artikel menyerupai “KUE KLAPERTAART ENAK MANADO” RESEP KUE KLAPERTAART ORIGINAL YUMMY” dan lain-lain.
10. Kata Kunci Update
Kata kunci update biasanya sering muncul atau digunakan pada blog berita. Kata kunci konten terkini menjadi sinyal utama sebuah blog tampil teratas. Pengguna biasanya membutuhkan informasi berkualitas terbaru daripada informasi berkualitas tapi sudah kadaluwarsa. Maka kata kunci update merupakan penentu untuk artikel berjenis isu yang selalu uptodate.
11. Kata Kunci Latent Semantic Indexing (LSI)
LSI sama halnya “Homofon” dalam pelajaran bahasa Indonesia diartikan sebagai kata yang sama lafadh dan ejaannya, tetapi berbeda makna alasannya berasal dari sumber yang berlainan (seperti ‘hak’ pada ‘hak asasi manusia’, dan ‘hak’ pada ‘hak sepatu’). LSI keyword sebenernya sudah dipatenkan semenjak tahun 1990 bahkan sebelum perusahaan Google berdiri. Pada awal mula google pencarian, terjadi perkara terkenal yaitu pengguna mengetikkan “APPLE” dengan tujuan mencari “buah apel” tetapi yang terjadi, hasil penelusuran Google memperlihatkan perusahaan “APPLE” ikut ditampilkan. Tidak hanya itu untuk kata kunci lainnya juga kerap terjadi. Seiring berkembangnya metode algoritma, insiden tersebut mulai teratasi. Untuk mengatasi LSI keyword penggunaan sinonim atau persamaan kata sanggup membantu mendeskripsikan artikel. Dampaknya cukup signifikan sesudah penambahan beberapa kata terdekat dengan maksud yang sama, posisi blog akan naik. Penggunaan persamaan kata lebih banyak lebih baik untuk membantu menaikkan blog.
12. Kata Kunci Organik
Kata kunci organik sanggup muncul tanpa kita sadari sebagai hasil kunjungan sebuah artikel. Apabila blog sudah mempunyai pencarian artikel secara alami, kata kunci organik sanggup terlihat dari beberapa SEO tools. Jika blog mempunyai nice tema tunggal atau pokok bahasan tunggal maka kata kunci organik tidak akan jauh berbeda dengan kata kunci utama blog anda. Kata kunci organik merupakan evaluasi penting google untuk memilih peringkat situs.



B. Domain
Faktor penentu selanjutnya terkait semua hal perihal pemilihan nama domain menyerupai dijelaskan elite taktik perihal on page seo domain name4

13. Domain Autority
Faktor domain pertama ulasan artikel ini perihal faktor domain, saya mengambil domain autority. Apa itu domain authority (DA) atau kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia ialah otoritas domain? DA ialah nilai dari sebuah peringkat nama domain yang dikembangkan oleh Moz sebagai alternatif pagerank untuk memilih kualitas peringkat blog. DA sanggup berubah-ubah mulai dari 1 (untuk domani baru) hingga 100 untuk domain tertinggi. DA merupakan faktor penentu sebuah situs sanggup tampil lebih baik dalam hasil pencarian mesin pencari. Lihat klarifikasi lengkap perihal Backlink Gratis Domain Authorityf (DA) ya!
14. Domain Registar
Pakar SEO beropini bahwa nama domain yang didaftarkan dengan masa kadaluwarsa (expired) lebih usang akan lebih diprioritaskan google. Prioritas penelusuran google sanggup berupa evaluasi terhadap jangka regristrasi nama domain. Rata-rata umur domain yang ideal untuk SEO blogspot ialah domain dengan umur pendaftaran 2 hingga 5 tahun kedepan.
15. Domain Whois
Ada beberapa faktor berdasarkan crnch perihal whois domain5 serta pengaruhnya untuk SEO blog yaitu :
1. Domain whois publik lebih baik dari pada whois private
2. Domain whois dengan alamat kontak palsu atau tidak jelas
3. Domain Whois terkait tag lokasi
4. Domain Whois dengan catatan kepemilikan
16. Domain Keywords
Domain keyword menyerupai klarifikasi url keyword yaitu nama blog dengan mencantumkan kata kunci. Untuk tehnik seo on page tersebut akan leibh kuat dibandingkan dengan nama personal. Sebagai contoh saya mempunyai website perihal roti klapertaart, akan lebih seo friendly jikalau nama domain ialah rotiklapertaartahmad.com dari pada ahmadmaryukiklapertaart.com. Nama domain dengan keyword tersebut akan diunggulkan oleh mesin pencari dengan pencarian “roti klapertaart”.
17. Domain History
Domain history erat kaitannya dengan reputasi sebuah blog sebelumnya. Sebuah website akan dipantau melalui proses indexing Google pada server utama mereka. Nama domain dengan catatan menyerupai pernah mendapat pinalti google, banned google adsense, pelanggaran kebijakan, blog spam dan lainnya menjadi catatan hitam (blacklist) dari mensin pencari. Sebuah website dengan blacklist tersebut akan susah masuk peringkat pertama pada hasil pencarian. Kita harus berhati-hati dikala membeli nama domain, jangan-jangan nama domain tersebut mempunyai track reccord buruk. Jangan tergiur nama domain dengan alasan berpagerank tinggi atau semacamnya.
18. Domain Age
Meskipun umur nama domain tidak besar lengan berkuasa banyak pada peringkat hasil penelusuran, umur domain perlu dilakukan pengujian lebih lanjut. Biasanya umur domain lebih bau tanah juga mempunyai faktor pendukung lain tampil pertama pada hasil pencarian mesin penelusuran.
19. Domain Move
Alasan utama mengapa blog ini tidak berganti dengan nama domain berbayar (TLD) yaitu alasannya domain move ini. Domain move ialah perpindahan antara domain awal ke domain baru. Ketika pemilik situs/webmaster memutuskan untuk mentransfer nama domain blogspot ke nama domain menyerupai .com apabila pengaturan tidak dilakukan dengan baik maka akan berdampak jelek pada peringkat situs web. Perubahan tersebut akan menciptakan perubahan evaluasi terlebih dari google akan mengkalkulasi ulang beberapa faktor imbas blog. Anda juga harus merelakan setiap link eksklusif yang sudah anda berdiri semenjak anda menciptakan blog pertama kali.
20. Subdomain Keyword
Para hebat SEO menyerupai SEJ (Search Engine Journal) sepakat bahwa subdomain lebih baik dari pada subfolder. Seperti dicontohkan situs disney.com dengan beberapa subdomain menyerupai cars.disney.com, videos.disney.com, disneyparks.disney.com, princess.disney.com dan diberikan perlakuan secara terpisah. Subdomain tersebut diberuntukkan untuk “bisnis” dan tentu perusahaan disney mempunyai banyak sekali produk dan setiap produk mempunyai pangsa pasar yang berbeda.
Seperti halnya blogspot, untuk klarifikasi subdomain tersebut merupakan penggunaan domain berbayar TLD. Kaitannya dengan SEO blogspot, kita pada posisi menggunakan subdomain dan gratis. Kekurangan subdomain gratis yaitu kita akan mengoptimalkan satu alamat subdomain tersebut. Sebagai contoh blog ini dengan subdomain dari induk blogspot.com yaitu sejutatrik.blogspot.com.
Subdomain baiknya hanya mempunyai satu tema pembahasan saja, apabila dicampur adukkan dengan pembahasan lain akan berdampak negatif bagi SEO blog menyerupai postingan tidak muncul di google, peringkat buruk, alasannya pendukung subdomain tersebut tidak diberikan suntikan tautan sebagaimana keterkaitan tema blog.
21. Domain Word TLD (Top Level Domain)
TLD menyerupai .com, .net, .org serta lainnya sudah sering kita jumpai sebagai penggunaan nama domain. TLD mempunyai tugas penting bagi SEO dan Adsense. Sebagai indikasi bahwa webmaster mempunyai keseriusan membangun blog serta mengelola sumber informasi atau produk. Sekarang ini terdapat DW TLD yaitu domain word top level domain menyerupai .online, .salon, .recipes, .city, .xyz dan lain-lain. Seperti faktor imbas pada url, nama domain tersebut digunakan supaya sesuai kata kunci yang dibidik. Sebuah blog dengan domain tersebut bisa menggeser posisi peringkat blog walaupun isi artikel minim kata kunci dengan bahasan yang sama alasannya imbas url domain word TLD tersebut.
22. Domain Spelling
Sesuai rujukan di atas, kesalahan ejaan pada nama domain sanggup menghipnotis blog. Coba bandingkan nama domain matterfish.com dengan rnatterfish.com. Keduanya hampir sama namun akan berbeda arti pada hasil pencarian. Hal terburuk yang sanggup terjadi yaitu memunculkan keyword LSI menyerupai ulasan saya di atas. Sebagai contoh website indonesia cumi-cumi.com padahal isi dan tema website tersebut bukan membahas perihal binatang cumi-cumi. Website tersebut sanggup dikategorikan sebagai konten LSI.
23. Domain HTTPS
Pengaruh domain HTTPS yaitu pada enskripsi atau sambungan url halaman blog. Blogspot sudah dilengkapi dengan fitur pengalihan dari http ke https untuk blog usang menyerupai blog ini. Untuk blog gres sudah dialihkan otomatis dengan pengaturan pada sajian http redirect. Fungsi https lainnya untuk mencegah adanya sikap tidak masuk akal dari situs tersebut. Sudah semenjak usang google mempublikasikan hal tersebut sebagai meningkatkan secara optimal seo ilegal dan sanggup dikenai pinalti. Blog menyerupai ini biasanya mempunyai peringkat yang rendah pada hasil pencarian. Terlebih untuk situs dengan format http menjadi jarang terlihat di hasil SERP (Search Engine Result Page).
24. Domain Page Authority
Seperti DA (domain authority) di atas, PA (Page Authority) merupakan evaluasi yang dikembangkan oleh MOZ. Perbedaan terletak pada sumber penilaiannya yaitu jikalau DA didasarkan pada nama domain, sedangkan PA didasarkan pada sebuah halaman secara keseluruhan. Skor antara DA dan PA ialah 100 dan anda bisa melaksanakan pengecekan skor ini pada website MOZ. Setiap pengecekan nilai antara DA dan PA akan berbeda alasannya berdasar sumber pengecekan tersebut.
25. Domain Trust
Merupakan induk dari semua evaluasi terhadap kepercayaan, keabsahan, dan lain-lain terhadap sebuah nama domain (situs) serta semua isi di dalamnya. Domain trust tidak didasarkan pada kepopuleran melainkan lebih bertujuan sebagai sumber terpercaya, aktual, dan sanggup dibuktikan kebenaran informasinya. Domain trust tertinggi ialah milik situs menyerupai wikipedia, serta sumber terpercaya lainnya. Dengan blog menautkan melalui situs-situs tersebut, secara teknis akan ikut terbawa imbas baik. Akibatnya posisi blog juga akan berubah. Pada awal dipatenkannya pagerank 1997 nilai 0-10 berdasar pada evaluasi terhadap domain trust ini.



C. Content
Dahulu dikenal dalam jargon SEO bahwa “konten ialah raja”, maksudnya isi dalam pemilihan tema, artikel-artikel di dalamnya, hingga mengelola isi blog berdasar kategori memilih keberhasilan blog. Seperti dijelaskan unamo dalam artikel 30 faktor peringkat google6.

26. Konten Panjang
Panjang konten atau konten panjang dalam menciptakan artikel tidak menjamin peringkat situs. Faktor terpenting yaitu sebuah artikel itu sanggup mendeskripsikan sebuah kata kunci tertentu. Tidak perduli panjang pendeknya, jumlah karakternya, ataupun jumlah kata kuncinya. Point utama artikel tersebut berkualitas atau tidak serta menawarkan manfaat bagi pengunjung atau tidak itulah faktor terpenting penentuan blog layak untuk tampil di mesin pencari google.
27. Konten Ganda
Berkali-kali dalam blog ini saya menjelaskan perihal konten ganda atau plagiarisme. Perlu saya ulas lagi bahwa konten ganda tidak hanya berdasar pada artikel saja tetapi pada semua halaman atau on page blog. Konten ganda sanggup terjadi pada :
1. Artikel copy paste
2. Duplikat title
3. Duplikat link
4. Duplikat view
28. Konten Update
Google tidak mementingkan frekuensi update postingan ialah benar. Tetapi google lebih menyukai postingan yang selalu diupdate. Konten update tidak harus merombak artikel tetapi memperbarui pendukung artikel. Kita tidak pernah tahu samapi berapa usang artikel rujukan dengan menyertakan link aktif sanggup dipergunakan. Bisa saja link external tersebut dihapus penulis secara tiba-tiba. Link yang hilang atau tidak sanggup ditemukan akan menjadikan broken link atau link mati. Inilah alasan konten update itu penting dan sanggup menghipnotis peringkat blog pada penelusuran.
29. Konten Spam
Berdasarkan pedoman webmaster google7 untuk kualitas konten/artikel terdapat beberapa pola bahwa sebuah blog dianggap spam apabila :
→ Konten dibentuk secara otomatis dianggap spam menyerupai artikel dibentuk menggunakan AGC (Auto Generate Content)
→ Konten artikel mengikuti kegiatan link MLL (Multi Level Link)
→ Konten mempunyai penulisan keaslian dan berisi copy paste → Konten pengalihan otomatis
→ Konten mempunyai text atau link tersembunyi
→ Konten menggunakan kata kunci yang tidak sesuai
→ Konten mempunyai kesalahan (salah menggunakan) mark up snippet
→ Konten dengan komentar link aktif oleh pengunjung dianggap spam
→ Penggunaan alt dan title yang panjang pada gambar dianggap spam
→ Link sanggup berisi spam dan apabila ditaruh pada artikel bisa dianggap spam
→ Hosting gratis sanggup berupa spam
30. Konten Relevansi
Saya mengutip klarifikasi dukungan adsense perihal relevansi8 atau keterkaitan konten dengan kata kunci. Relevansi konten yaitu evaluasi google terhadap mutu sebuah halaman. Dengan kualitas seberapa berkhasiat artikel tersebut oleh pelanggan (pengunjung). Bagi publisher adsense relevansi konten dengan kata kunci sehubungan dengan iklan akan mendapat bayaran tinggi. Bukan mustahil relevansi konten juga digunakan sebagai faktor untuk memilih sebuah situs menduduki peringkat atas. Bantuan adsense tersebut menawarkan tips bagi webmaster untuk meningkatkan relevansi konten yaitu dengan :

konten relevansi

31. Konten Deskriptif
Saya tidak akan panjang lebar mengulas konten deskriptif atau sebuah artikel dengan kaya informasi serta artikel yang menjelaskan. Membuat pengunjung sanggup memahami pokok bahasan yang dibahas dengan uraian singkat padat dan jelas. Untuk blogspot sanggup dioptimalkan menggunakan Meta Tag Blogger. Teman-teman sanggup melihat pada panduan menciptakan judul dan cuplikan yang baik di hasil penelusuran. Kalian akan menemukan imbas faktor kualitas deskripsi artikel yang baik sanggup membantu meningkatkan kualitas dan jumlah kunjungan (traffic) penelusuran anda.
32. Konten Bermanfaat
Istilah konten ialah raja sudah usang dijumpai dalam berguru seo blogspot. Arti pentingnya konten ialah raja yaitu artikel dengan sejuta manfaat bagi pengunjung. Seberapa bermanfaat bagi pengguna juga menjadi faktor penentu peringkat situs. Memang hingga dikala ini pengecekan perihal manfaat artikel belum sanggup dilakukan dengan seo tools. Karena evaluasi bersifat eksklusif oleh pengunjung jadi sebagai evaluasi bergairah yaitu dengan jumlah like, atau share sanggup diketahui bahwa artikel tersebut bermanfaat bagi pengguna atau pengunjung blog.



D. Link
Faktor-faktor managemen link sanggup besar lengan berkuasa besar terhadap perkembangan blog namun sanggup menjadi boomerang bagi sebuah blog jikalau hanya membangun link secara asal-asalan. Untuk itu penggunaan link atau tautan dijelaskan oleh Moz perihal nilai kualitas link16 serta panduan google webmaster terkait membangun link9.


33. Link Struktur atau Skema tautan
Skema tautan berdasarkan google ialah struktur atau denah menyerupai dalam sebuah organisasi. Sebagai ketua ialah halaman utama sedangkan berberapa jabatan struktural menyerupai sekretaris bendahara dan sub cuilan di bawahnya ialah produk-produk atau artikel-artikel. Skema tautan menjelaskan keterkaitan halaman dengan lainnya. Hati-hati menautkan halaman yang tidak relevan dengan sub judul. Pengaitan halaman yang tidak sesuai dengan deskripsi produk akan berakibat jelek bagi seo blog anda.
34. Link Schema Mark Up (Schema.org)
Serupa namun tak sama dengan struktur link di atas, schema mark up digunakan untuk cuplikan kaya atau rich snippet googleSchema.org ialah pengembang html selain mikroformat.org, RDF, atau untuk blogger versi 3 sudah digunakan dalam template gres menyerupai SOHO dan lain-lain ialah Json-LD. Penggunaan markup ini sanggup membantu mesin pencari menilai blog layak masuk peringkat pertama.
35. Link Anchor
Biasa disebut link jangkar dengan fungsi untuk menujukan halaman utama dengan kata-kunci tertentu. Tujuannya ialah peringkat situs dengan kata kunci yang dipilih. Penggunaan link anchor biasanya untuh halaman penting yang selalu ditampilkan menyerupai pada halaman posting populer, featured post, halaman produk, dan halaman penting lainnya. Tetapi ingat! jangan hingga anda menciptakan link anchor di semua posting atau halaman artikel.
36. Link Building
Link building atau menciptakan link lebih diutamakan dalam SEO terutama untuk blogspot. Dari segi akomodasi serta pengaruhnya untuk menelusuri sebuah situs baik dari mesin pencari maupun pengunjung blog. Dengan link terstruktur dengan baik maka kualitas blog pada hasil pencarian akan memilih urutan peringkat sebuah website atau blog.
37. Link Internal
Dikutip dari MOZ perihal internal link10 bahwa tautan internal ialah cara menautkan halaman ke halaman lain dalam satu nama domain yang sama. Internal link ialah teknik SEO dasar digunakan untuk membangun struktur website. Internal link akan dibaca oleh robot google atau googlebot untuk merayapi sebuah blog dengan cara membaca informasi internal link tersebut. Googlebot mulai membaca sebuah situs dari nama domain kemudian link-link di dalamnya menyerupai halaman statis, halaman label, halaman posting, halaman arsip yang berisi informasi serupa dengan halaman awal tersebut. Google sanggup membaca nilai sebuah tautan internal yang berasal dari nama domain dan selanjutnya menilai halaman-halaman lain hingga artikel (domain tingkat akar). Teknik SEO on page inilah pembahasan utama saya perihal internal link di halaman beranda. Inti seo internal link berfungsi menghubungkan artikel atau halaman mana yang mempunyai kesamaan informasi dengan halaman terdekat dengan halaman (produk) unggulan selain beranda blog. Untuk memperjelas ulasan saya perihal faktor peringkat blog berdasar internal link sanggup dilihat melalui denah link internal menyerupai di bawah ini.

teknik dasar SEO internal link


38. Link External
Strategi membangun link external sanggup diartikan sebagai pengambilan kutipan, pandangan, pendapat, sebagai rujukan paling nyata dan terpercaya serta sanggup dibuktikan keabsahannya (dapat dipertanggungjawabkan).
39. Link Paid
40. Link Trust
41. Link Relefant Theme
42. Link Pagerank
43. Link Keyword
44. Link Style
Tehnik seo sederhana namun tidak ada waktu kadaluwarsanya. Penggunaan internal dan external seharusnya dibedakan dengan gaya berbeda pula menyerupai penambahan icon external link. Cara ini terbukti ampuh menambah jumlah kunjungan on page halaman sehingga jumlah kunjungan meningkat. Dengan penambahan jumlah kunjungan secara alami tersebut secara teknis bisa meningkatkan peringkat situs. Dikarenakan jumlah kunjungan menjadi pola mesin pencari memilih rangking sebuah blog.
Bagi teman-teman yang ingin menciptakan link internal dan external link terlihat menyerupai blog profesional bisa kunjungi artikel blog ini.
45. Link Descriptif
Sebagian besar seo tools sanggup mengindikasi isi sebuah link atau tautan. Alat pengecekan SEO pada cuilan link, jikalau tidak diisi tag judul akan menciptakan link terindikasi sebagai link unknown atau link tidak diketahui. Akan berdampak juga bila kita menanam tautan namun berbeda pembahasan dengan tujuan mencari backlink.
Ini terperinci jelek untuk kualitas blog dengan tujuan memperbaiki peringkat blog. Tanamlah secara manual semua link yang ada di dalam blog dengan judul deskriptif. Dikarenakan untuk blogspot belum ada fitur penambah tag judul menyerupai fitur pemasangan tag alt dan title pada gambar blogspot.
46. Link Sosial Media
Tahukah kau bahwa situs penyedia sosial media terdapat 250 yang sudah diindeks google? Berikut ini daftar 250 situs media sosial11. Daftarkan blog anda untuk mendukung seo pada hasil peringkat blogspot.
47. Link Webmaster
48. Link Juice
Yaitu istilah kalkulasi penggunaan link internal dan external dalam sebuah halaman. Link juice dalam taktik penggunaan serta tren mesin pencari masih tidak ada patokan resmi namun apabila dirasa kondusif penggunaannya dengan perbandingan jumlah link internal dan link external ialah sama.
49. Link rel tag
Tag rel diartikan sebagai fungsi relatif, yaitu mendefinisikan sebuah fungsi dalam link sebagai faktor yang digunakan untuk banyak sekali kondisi. Relatif tag tersebut sanggup ditempatkan pada blogspot melalui :
1. Meta tag
2. Rel Canonical
3. Rel Home
4. Rel Revious atau pada navigasi posting terbaru
5. Rel Next atau pada navigasi posting lama

Lihat pemaikaian rel tag pada HTML blogspota.
50. Link Canonical
51. Link Do Follow
52. Link No Follow
Link no follow digunakan untuk mencegah robot pada mesin pencari untuk melaksanakan index. Dengan ditambahkannya link no follow sanggup mencegah dampak negatif dari spam, link mati, dan banyak sekali dampak negatif link lain tersebut. Link no follow untuk blogspot sanggup juga digunakan pada komentar untuk mengantisipasi spam komentar serta duplikat title pada komentar blogspote. Caranya yaitu dengan penggunaan rel tag blogspot dalam HTML link.
53. Link Freshness
54. Link Difercity
Adalah tautan dengan keberagaman sumber link atau tautan tersebut. Berbagai variasi sumber link sanggup diperoleh melalui website sosial media, website lembaga , website content media marketing, dan macam-macam jenis website lainnya. Link difercity sanggup bertambah jumlahnya seiring dengan aktifitas situs menyerupai share, penautan eksklusif profil di media sosial, pembuatan halaman grup, profil webmaster tools, taktik bertukar link, pembuatan halaman daftar isi blog, maupun di beberapa website SEO Tool untuk blogspot.
55. Link Sum
Beberapa situs pengecekan seo blogspot menyerupai SEOcentro, menjelaskan beberapa situs mesin pencari mempunyai dilema bila mengakses sebuah halaman jikalau melebihi 100 tautan atau link. Jika didasarkan pada mesin pencari menyerupai google, yang sebetulnya menyukai halaman yang praktis, simpel dan terstruktur tentu 100 link ialah pedoman bagi webmaster supaya membatasi jumlah tautan pada sebuah halaman.

Link sum


56. Link Age
Umur link besar lengan berkuasa pada posisi urutan hasil pencari google masih simpang siur. Namun dari apa yang saya temui, terkadang nama domain usang sanggup dengan gampang memasuki peringkat atas google penelusuran.
57. Link Decay
Link desay ialah faktor terpending dalam teknik dasar membangun link atau tautan. Sayangnya istilah ini mungkin terdengar gres oleh webmaster namun faktanya sudah ada semenjak lama. Penjelasan link decay ialah link yang memudar, membusuk, berkurang atau hilang walaupun kedua aspek yaitu tautan antar dua domain masih ada.
Agar gampang dipahami, link decay diartikan bahwa jumlah tautan yang Anda miliki berkurang seiring berjalannya waktu, atau kehilangan nilai. Link memburuk ini akan terjadi dengan adanya perubahan waktu, metode algoritma, domain expired, abolisi tautan, bahkan yang lebih jelek ialah perubahan konten perihal sebuah link. Seperti itulah perkara di internet terdapat waktu kadaluwarsanya, jikalau webmaster membeli link dan tidak benar-benar berkualitas maka pengaruhnya jelek untuk blog dan peringkat situs.
58. Link Table of Content (TOC)
59. Link Broken
60. Link Affiliate
61. Link Guest Post



E. Gambar
Pengguna blogspot harus melaksanakan optimasi seo on page pada gambarb. Melalui artikel tersebut saya mengulas banyak sekali kekurangan blogspot kaitannya penggunaan gambar. Seperti cuilan header, artikel populer, widget featured post, serta pendukung penggunaan gambar lainnya yang sanggup menghipnotis SEO blogspot.

62. Atribut alt dan title
63. HD Gambar
64. Original Gambar
65. Taging Gambar
66. Relefancy Gambar
67. Gambar dengan Text
68. Gambar Schema
69. Gambar Berhak Cipta
70. CDN Gambar
71. Lazy Load Gambar
72. Jenis Gambar
73. Ukuran Gambar



F. Backlink
Apa itu backlink? Backlink atau pranala balik12 berdasarkan wikipedia yaitu link atau tautan yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam terminologi dasar link, backlink ialah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain. Beberapa imbas backlink sanggup membantu kualitas blog menyerupai beberapa faktor berikut sesuai kategori backlink ialah :

74. Backlink Quality
75. Backlink Sosial Media
76. Backlink Zombie



G. USER Friendly

77. User Friendly
Faktor user friendly atau disebut sebagai faktor pengguna juga memilih peringkat sebuah situs atau blog. Memang tidak ada panduan fundamental perihal pedoman user friendly tetapi beberapa hal berikut haruslah ada dalam sebuah blog yaitu bertujuan mempermudah pengunjung menejelajah isi blog. Untuk itu gunakan tools mengetahui kualitas user friendly blogspotd.
78. User Interaksi
79. User Kontribusi
80. User Experience/Responsif Design
81. User Level Reading
82. User Navigation
83. User Rate
84. User Spam



H. Error Page 404

85. Invalid Style
86. Error HTML
Redirect url



I. Google Ranking Faktor
Google menggunakan lebih dari 200 faktor untuk mendefinisikan peringkat website dalam algoritmanya. Beberpara penyebab dari naik dan turunnya peringkat yaitu kebijakan dari google sendiri. Setelah melaksanakan evaluasi dari waktu ke waktu peringkat sebuah situs mungkin bergeser sesudah update hasil pencarian. Untuk itu kami menyajikan fakta 200 faktor rangking google13 telah dijelaskan oleh SEJ (Search Engine Journal) perihal faktor pengaruhnya.

87. Google Activity
Aktifitas
Apa itu tayangan, posisi dan klik https://support.google.com/webmasters/answer/7042828?hl=id
88. Google Update Algorithm
Update terbaru Google Update Algoritm ialah Google Algoritm March 2019 Core Updateh.
89. Google Geo Location
90. Google Pinalty
Kebijakan Pelanggar berulang yaitu pinalti selama 30 hari https://support.google.com/webmasters/answer/7104997?hl=id
91. Google Over
92. Google Speed Site
93. Google Quality Content
https://support.google.com/webmasters/topic/6001971?hl=id
94. Google Pagerank
https://en.wikipedia.org/wiki/PageRank
95. Google Linking
Seberapa banyak link mengarah ke google.
96. Google Adsense
Penggunaan google adsense merupakan bukti bahwa situs tersebut mematuhi pedoman kualitas webmaster dan kegiatan adsense. Faktor ini sanggup juga menjadi alasan bahwa ikut serta penayang tersebut mempunyai artikel yang bermanfaat dan mungkin saja besar lengan berkuasa pada posisi peringkat blog pada hasil pengindeksan google search.
97. Google Meta Tag
Meta tag yang dipahami oleh Google https://support.google.com/webmasters/answer/79812?hl=id
98. Google Bahasa
https://support.google.com/webmasters/answer/182192?hl=id
https://support.google.com/webmasters/answer/189077
99. Google Crawl
https://support.google.com/webmasters/answer/6144055?hl=id
https://www.google.com/webmasters/tools/googlebot-report
100. Google Sitemap
Membuat dan mengirimkan peta situs menyerupai pada artikel kami blogger sitemap Google Webmaster toolsg. https://support.google.com/webmasters/answer/183668?hl=id
101. Google Simple URL
Menjaga kesederhanaan struktur url https://support.google.com/webmasters/answer/76329?hl=id
102. Google Multimedia (Video)
Praktik terbaik video https://support.google.com/webmasters/answer/156442?hl=id
103. Google Hack
https://support.google.com/webmasters/answer/2721435
104. Google Rich Snippet
Hasil penelusuran yang diperkaya https://support.google.com/webmasters/answer/7407437?hl=id
105. Google Tag Child Save
106. Google Lens



Mesin pencari dan SEOc terus berubah-ubah, berkembang dan update, tetap ikuti tren terbaru supaya blog tetap mengikuti pedoman kualitas webmaster dari segi seo on page, seo off page serta dari isi artikelnya. Tetap terus berguru seo blogspot walau peluang kemunculan pada mesin pencari makin sulit. Arti kata sulit diartikan bahwa kita harus tetap patuh pada kebijakan mesin pencari tersebut. Gunakan tools google rank website14 untuk mengetahui ranking blog kamu.


Dari klarifikasi google mengenai 200 faktor peringkat sebuah situs mengenai tampilnya pada hasil pencarian google tidak ada yang bisa menjamin. Dari banyaknya artikel mengenai 200 faktor peringkat tersebut hanya google sendiri dalam menilai kelayakan sebuah situs. untuk itu tetap ikuti Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)15 supaya blog kita tetap mendominasi peringkat pencarian google tersebut.


Daftar Link rujukan :
1. https://support.google.com/webmasters/answer/70897?hl=id
2. https://backlinko.com/google-ranking-factors
3. https://support.google.com/webmasters/answer/35624?hl=id
4. https://elite-strategies.com/learn-seo/on-page-seo/domain-names/
5. https://crnch.com/domain-whois-seo
6. https://unamo.com/blog/seo/30-important-google-ranking-factors-beginner-know
7. https://support.google.com/webmasters/answer/35769
8. https://support.google.com/google-ads/answer/14089?hl=id
9. https://moz.com/learn/seo/how-search-engines-value-links-video
10. https://moz.com/learn/seo/internal-link
11. https://socialmedialist.org/daftar-media-sosial.html
12. https://id.wikipedia.org/wiki/Pranala_balik
13. https://www.searchenginejournal.com/google-200-ranking-factors-facts/265085/
14. https://www.thehoth.com/search-engine-rankings/
15. https://support.google.com/webmasters/answer/7451184

Daftar Link Internal :
a. https://tiarapersadarentalmobil.blogspot.com//search?q=domain-authority-backlink-gratis
b. https://tiarapersadarentalmobil.blogspot.com//search?q=domain-authority-backlink-gratis
c. https://tiarapersadarentalmobil.blogspot.com//search?q=domain-authority-backlink-gratis
d. https://tiarapersadarentalmobil.blogspot.com//search?q=domain-authority-backlink-gratis
e. https://tiarapersadarentalmobil.blogspot.com//search?q=domain-authority-backlink-gratis
f. https://tiarapersadarentalmobil.blogspot.com//search?q=domain-authority-backlink-gratis
g. https://tiarapersadarentalmobil.blogspot.com//search?q=domain-authority-backlink-gratis
h. https://tiarapersadarentalmobil.blogspot.com//search?q=domain-authority-backlink-gratis
Close Menu