11 Daerah Wisata Di Palembang


wongkitogalo.id – Ditanah Wong Kito Palembang ini bukan hanya mempunyai makanan yang super lezat tapi dari segi tempat wisata juga menjanjikan baik wisata siang maupun malam, mantep bener dah tempatnya cetar membahana. dan pada kesempatan kali ini wongkitogalo akan memberitahu kalian beberapa tempat yang wajib dikunjungi ketika kalian berada dipalembang. baiklah eksklusif lihat artikelnya dibawah ini, dijamin keren. kalau nggak percaya nih tempat-tempatnya.

1. Sungai Musi



Sungai sepanjang sekitar 750 km yang membelah Kota Palembang menjadi dua bab ialah Seberang Ulu dan seberang Ilir ini merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sejak dahulu Sungai Musi telah menjadi urat nadi perekonomian di Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan. Di sepanjang tepian sungai ini banyak terdapat objek wisata ibarat Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Pulau Kemaro, Pasar 16 Ilir, rumah Rakit, kilang minyak Pertamina, pabrik pupuk PUSRI, pantai Bagus Kuning, Jembatan Musi II, Masjid Al Munawar, dll.

2. Jembatan Ampera


Sebuah jembatan megah sepanjang 1.177 meter yang melintas di atas Sungai Musi yang menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir ini merupakan ikon Kota Palembang. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962 dan dibangun dengan memakai harta rampasan Jepang serta tenaga hebat dari Jepang.

3. Benteng Kuto Besak


Bentek Kuto Besak Terletak di tepian Sungai Musi dan berdekatan dengan Jembatan Ampera, Benteng ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam. Di bab dalam benteng terdapat kantor kesehatan Kodam II Sriwijaya dan rumah sakit. Benteng ini merupakan satu-satunya benteng di Indonesia yang berdinding kerikil dan memenuhi syarat perbentengan / pertahanan yang dibangun atas biaya sendiri untuk keperluan pertahanan dari serangan musuh bangsa Eropa dan tidak diberi nama pendekar Eropa.

4. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang


Masjid Agung terletak di sentra Kota Palembang, masjid ini merupakan masjid terbesar di Sumatera Selatan dengan kapasitas 15.000 jemaah.

5. Gedung Kantor Walikota



Gedung ini terletak di sentra kota, pada awalnya bangunan ini berfungsi sebagai menara air alasannya berfungsi untuk mengalirkan air keseluruh kota sehingga juga dikenal juga sebagai Kantor Ledeng. Saat ini gedung ini berfungsi sebagai Kantor Walikota Palembang dan terdapat lampu sorot di puncak gedung yang mempercantik wajah kota di malam hari.

6. Jakabaring Sport City (JSC)



Jakabaring diberi label Jakabaring Sport City (JSC) dengan segala kemudahan olahraganya yang bertaraf Internasional namun tidak melupakan pentingnya penghijauan untuk kenyamanan pengunjung, layaklah kini Jakabaring Sport City (JSC) disandingkan sejajar dengan komplek olahraga Senayan Sport City  yang lebih dahulu tenar di Indonesia dengan segala fasilitasnya yang tidak kalah modern, dan layaklah kini Jakabaring Sport City (JSC) untuk menjadi tempat percontohan di Asia alasannya JSC merupakan daerah atau komplek olahraga terpusat yang terbesar se Asia.

7. Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat)


Monumen ini terletak di tengah kota, berdekatan dengan Masjid Agung dan Jembatan Ampera. Sesuai dengan namanya di dalam bangunan ini terdapat benda-benda peninggalan sejarah pada masa penjajahan.

8. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang



Museum ini terletak di bersahabat Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak dan dulunya merupakan salah satu peninggalan Keraton Palembang Darussalam. Di dalamnya terdapat banyak benda – benda bersejarah Kota Palembang.

9. Kambang Iwak


Sebuah danau wisata yang terletak di tengah kota, bersahabat dengan tempat tinggal wali kota Palembang. Di tepian danau ini terdapat banyak arena rekreasi keluarga dan ramai dikunjungi pada hari libur. Selain itu di tengah danau ini terdapat air mancur yang tampak bagus di waktu malam. tempat ini juga sering didatangi oleh masyarakat palembang terutama oleh para anak muda dan orang tua. biasanya tempat ini ramai pada pagi hari, sore, dan malam hari. pada pagi dan sore hari tempat ini sering dipakai oleh masyarakat sebagai tempat untuk jogging.

10. Hutan Wisata Alam Punti Kayu


Sebuah hutan wisata kota yang terletak sekitar 7 km dari sentra kota dengan luas 50 ha dan semenjak tahun 1998 ditetapkan sebagai hutan lindung. Di dalam hutan ini terdapat area rekreasi keluarga dan menjadi tempat hunian sekelompok kera lokal. ketika ini hutan ini sudah mulai jarang dikunjungi.

11. Museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya



Sebuah tempat peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang terletak di tepian Sungai Musi. Terdapat sebuah prasasti kerikil peninggalan Kerajaan di area ini. dan juga tempat ini dipakai sebagai museum.

dan masih banyak lagi tempat wisata dipalembang. berikut beberapa listnya :

  • Museum Bukit Siguntang
  • Pulau Kemaro
  • Masjid Cheng Ho Palembang
  • Waterfun OPI Jakabaring
  • Lumban Tirta Palembang
  • Kampung Kapitan
  • The Amanzi Citra Grand City
selain diatas ini tentunya masih banyak lagi wisata-wisata dipalembang. agar dengan artikel ini anda sanggup menentukan tempat liburan yang mengasikan berdasarkan anda. hingga bertemu lagi pada artikel berikutnya dan agar bermanfaat.

Close Menu