Al-Qur’an Raksasa

Siapa sangka Al-qur’an terbesar di dunia ada di Palembang. Para ulama dan seniman kaligrafi di Palembang telah berhasil mencetak sejarah gres dalam beradaban islam. Dalam kurun waktu hanya delapan tahun, mereka sudah berhasil memahat al-qur’an raksasa ini sebanyak 30 juz dalam 315 lembar kayu tembesu atau kurang lebih 40 meter kubik kayu tembesu, dengan biaya tidak kurang dari 2 miliar. Proses pemahatan Al-qur’an raksasa dimulai semenjak tahun 2003 hingga 2008. Dimana lebar setiap lembar halamannya mempunyai ukuran 177 x 140 x 2,5 cm.
            Awalnya Al-qur’an raksasa ini dipajang di masjid agung Palembang, untuk menerima koreksi dari masyarakat setempat. Pada simpulan 2011 Al-qur’an raksasa ini gres layak untuk dipublikasikan. Dan 30 Januari 2012 diresmikan pribadi oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

            Sekarang Al-qur’an raksasa ini diletakkan di pondok pesantren Al-Ihsaniyah Gandus Palembang. Al-qur’an yang terdiri dari 630 halaman yang dilengkapi dengan tajwid dan doa khataman bagi pemula ini, tak hanya menarik simpati masyarakat setempat, tetapi touris-touris dalam negeri maupun luar negeripun ikut ingin tau dan ingin melihat secara pribadi keindahan Al-qur’an raksasa. Yang setiap ayatnya mempunyai ciri khas warna dasar kayu coklat dengan abjad arab timbul warna kuning dengan gesekan motif kembang di bab tepi ornamen khas Palembang yang sangat indah dipandang dan yummy dibaca. Maka kalau anda berkunjung ke Palembang, sangat disayangkan sekali kalau anda melewatkan perjalanan untuk melihat Al-qur’an raksasa ini.
Close Menu