Bukit Senyum 5000 – Wisata Halmahera Barat

Bukit Senyum Lima Ribu yaitu salah satu kawasan wisata di Kabupaten  Bukit Senyum 5000 - Wisata Halmahera Barat

Bukit Senyum Lima Ribu yaitu salah satu kawasan wisata di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara. Lokasi Bukit ini berada di Gunung Manyasal. Dari kawasan ini kita sanggup melihat keindahan yang sungguh menyejukkan mata kita. Untuk mencapai lokasi ini cukup diharapkan sekitar 30 menit dengan kendaraan dari Jailolo.

Manyasal yaitu menyesal, kenapa disebut menyesal? Menurut info dari warga dahulu ada seorang laki-laki yang mencari sesuatu di kawasan ini. Pria tersebut mengharapkan akan menemukan hal yang beliau inginkan. Pendakian yang begitu melelahkan, namun tidak mendapat hasil yang menimbulkan penyesalan dikarenakan telah mendaki gunung ini. Namun, dikala beliau hendak melepaskan lelah dan melihat sekelilingnya, ternyata laki-laki tersebut melihat landscape Jailolo yang indah yang membuatnya tersenyum.

Kenapa disebut 5000 (Lima Ribu), dulu Pemda membangun gazebo-gazebo di kawasan ini. Lalu, warga sekitar menciptakan palang bertuliskan senyum lima ribu sebab jikalau mau berfoto ria di kawasan ini harus membayar Rp. 5.000,- terlebih dahulu.

Dari Bukit Senyum Lima Ribu, kita akan melihat pemukiman di sekitar Pelabuhan Jailolo, yang dilatar belakangi dengan Lautan Biru, Langit yang bebas polusi, Gunung Jailolo, Teluk Jailolo, dan Pulau Babua. Kita juga sanggup lihat Pulau Ternate dan Pulau Tidore. Dengan adanya Gazebo, menciptakan kita semakin betah untuk menikmati keindahan alam. Suasana juga terasa sejuk sebab terdapat pepohonan yang rimbun.

Close Menu