Cara Setting Robot Meta Tag Tajuk Khusus Blogspot

Robot Header Tag Khusus


Pengaturan meta tag robot dan header HTTP X-Robots-Tag yang kondusif sesuai kebijakan mesin pencari merupakan langkah dasar dalam optimasi seo on page blogspot. Dengan adanya pengaturan tersebut blog akan mensugesti tingkat baca mesin pencari terhadap blog kita. Seperti cara kerja mesin pencari pada dikala crawling atau proses pencarian url blog, jenis pengaturan pada tag tajuk khusus inilah yang memilih sebuah URL di dalam blog yakni valid.

Sebelum melaksanakan pengaturan robot meta tag pada header http ini, bacalah dengan teliti supaya kesalahan yang umum terjadi pada blog tidak terjadi pada blog kita. Pengaturan robot header tag yang salah akan menyebabkan blog hilang pada hasil pencarian. Lakukan secara sedikit demi sedikit dan sejalan dengan HTML template anda.


Dahulu sebelum adanya fitur tag tajuk robot khusus blogspot, setting robot meta tag melalui penggunaan HTML meta tag. Seperti penggunaan meta tag deskripsi blog. Kode tag robot x-header yaitu : <meta name="robots" content="index/follow" />. Namun dengan adanya fitur blogger, meta tag tersebut apabila tidak disertakan secara manual sudah bekerja secara otomatis. Akan tetapi perlu saya tekankan bahwa :

Penggunaan meta tag yang TIDAK sama dengan pengaturan pada fitur blogger akan menciptakan pengaturan ganda pada blog kita. Untuk itu apabila meta tag robot ikut disertakan dengan HTML secara manual, setting atau pengaturan tag robot header pada fitur pengaturan blogspot perihal robot meta tag haruslah sama. Periksa dan cocokkan meta tag blog anda dengan pengaturan ini.


Pengertian Tag Tajuk Robot Khusus

Tag meta robot memungkinkan Anda memakai pendekatan khusus halaman yang terperinci untuk mengontrol cara tiap halaman diindeks dan ditampilkan kepada pengguna dalam hasil penelusuran. Tempatkan tag meta robot di bab pada halaman tertentu. Jika anda melaksanakan pengetesan Meta Tag Analyzer, tag robot header akan tampak ibarat gambar berikut :

Robot Meta Tag Analyzer


Point Penting Pengaturan pada Fitur Tag Tajuk Khusus

1. Jenis Halaman

Terdapat 4 jenis halaman yang besar lengan berkuasa pada pengaturan ini yaitu (a) Halaman beranda, (b) Halaman Arsip, (c) Halaman Penelusuran, dan (d) Halaman pada Posting Default. Contoh banyak sekali halaman blogspot yakni sebagai berikut :
Beranda → http://sejutatrik.blogspot.com/
Arsip → https://tiarapersadarentalmobil.blogspot.com//2019_03_01_archive.html
Penelusuran → https://tiarapersadarentalmobil.blogspot.com//search?q=SEO&submit=Search
Posting → https://tiarapersadarentalmobil.blogspot.com//search?q=seo-on-page-seo-blogspot

2. Jenis Pengaturan

Terdiri dari 10 pilihan yang memuat fungsi dari pengaturan tersebut. Beberapa pengaturan itu menuju pada perintah header tag dan biasanya dipakai untuk fungsi tertentu. Kesepuluh fungsi itu yakni all (semua), noindex(tidak diindex), nofollow (tidak diikutsertakan), noarchive(tidak melaksanakan arsip), nosnippet (tidak mencantumkan cuplikan), noodp or no Open Directory Object(tidak mencantumkan deskripsi blog dari banyak sekali sumber ibarat yahoo dll), notranslate(tidak boleh diterjemahkan), noimageindex(tidak boleh index gambar), dan unavailable_after(pengaturan jangka waktu pengindeksan).

3. Fungsi Pengaturan
All : Jika kita melaksanakan isian pada fungsi all, maka kesemua perintah dari 9 jenis pengaturan akan bekerja secara otomatis.
Noindex : Anda sanggup melaksanakan pembatasan pada halaman pencarian jikalau tidak ingin halaman tersebut diikutsertakan dalam hasil pencarian mesin pencari, dengan cara memberi check list pada fungsi ini.
Nofollow : Jangan keliru rel=’nofollow’ pada fungsi ini. Fungsi ini tidak mengikutsertakan halaman terkait, tetapi masih ditampilkan pada mesin pencari.
Noarchive : Digunakan untuk melaksanakan batasan pada URL arsip blog kita.
Nosnippet : Tidak mengikutsertakan cuplikan, ringkasan atau deskripsi, biasanya pada halaman dengan deskripsi tidak sesuai antara judul dengan kontennya sepeti halaman privasi dan yang lainnya.
Noodp : Kependekan dari No Open Directory Project, jikalau blog anda terdaftar pada website directory, maka akan mencegah pengambilan deskripsi blog dari situs-situs directory ibarat moz, yahoo, dan lain-lain.
Notranslate : Melakukan fungsi untuk tidak menterjemahkan isi blog
Noimageindex : Sudah terang saya sebutkan di atas
dan yang terakhir yakni No unavailable_after : Yaitu membatasi keterlihatan atau jangka waktu postingan blog.

Cara Setting Melalui Fitur Blogger

Mengatur robot header sangat mudah, cukup ikuti panduan settingnya ibarat gambar berikut ini :

Preferensi Penelusuran

Letak pengaturan tag tajuk khusus blogspot ini berada di bawah setting robot.txt blogger.

Cara Setting Melalui Posting Artikel

Selain dipakai secara keseluruhan, anda sanggup melaksanakan pengaturan pada single post atau artikel tertentu saja. Ikuti caranya pada artikel setting robot header tag blogspot by blogerorigin.

Tools Pengecekan HTTP Header Status

Rapid Tables SEO Centro

Sumber Referensi Robot Meta Tag

https://developers.google.com/search/reference/robots_meta_tag?hl=in

Close Menu