Diving – Wisata Halmahera Utara (Provinsi Maluku Utara)




Pulau Halmahera berada di antara Selat Lembeh dan Kepulauan Raja Ampat yang bertepatan di sentra Coral Triangle. Terletak di antara Manado dan Raja Ampat yang sudah lebih dahulu terkenal sebagai nirwana menyelam, Halmahera berpotensi menjadi nirwana menyelam Indonesia berikutnya. Pulau Halmahera merupakan pulau terbesar di Provinsi Maluku Utara


Sumber: www.panda.org
Keanekaragaman Hayati Terkaya di Dunia!

Keindahan alam yang masih terjaga, baik di atas maupun bawah air, benar-benar mengakibatkan Halmahera tak tertandingi. Halmahera banyak dikomentari para pecinta diving sebagai penyelaman terbaik yang pernah mereka lakukan. Pulau Halmahera juga mempunyai tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi. Penelitian yang dilakukan oleh Conservation International mengindikasikan bahwa bab utara Indonesia, dari Sulawesi hingga ke bab barat Papua mungkin mempunyai keanekaragaman hayati bawah maritim terkaya di dunia. Para peneliti karang mencatat bahwa terdapat 450 spesies, yakni lebih dari setengah jenis terumbu karang di dunia atau sekitar 56% tercatat hanya di sekitar perairan Halmahera. Para peneliti ikan juga mencatat sekitar 686 spesies termasuk dua spesies baru, yaitu 12 persen dari total spesies ikan dunia dan 31 persen dari jumlah yang pernah tercatat berada di perairan Halmahera. 

Tidak hanya ikan dan karangnya saja yang beragam, tapi juga secara geologi. Hal ini mengambarkan bahwa karakteristik situs-situs menyelam di sini juga sangat beragam. Sebagai sentra dari segitiga terumbu karang dunia, menyelam di Halmahera sudah tentu menjanjikan pengalaman unik yang tak terlupakan bagi Anda.

Halmahera Utara
Untuk lokasi diving di Halmahera Utara sendiri tercatat memiliki 50 titik selam. Titik-titik selam tersebar baik di perairan Kepulauan Tobelo (Laut Halmahera) maupun di perairan Kepulauan Loloda Utara (Laut Maluku).

Sumber: Pemerintah Daerah Halmahera Utara
Musim Menyelam
Waktu terbaik untuk menyelam ialah Oktober hingga Mei, sementara antara bulan Juni hingga September penyelaman juga masih sanggup dilakukan dengan visibilitas yang cukup baik. Musim hujan biasanya berlangsung selama Desember hingga April. Namun, sebaiknya Anda cek ramalan cuaca terlebih dahulu.

Pusat Perlengkapan Selam
Diving Center di Pulau Kakara, yakni sekitar 10 menit dari pelabuhan Tobelo dengan bahtera ketinting ataupun speedboat, merupakan satu-satunya daerah di Halmahera Utara yang sanggup memenuhi kebutuhan perlengkapan menyelam Anda. Namun, diving center ini belum tentu setiap hari buka, sehingga sebaiknya Anda terlebih dahulu menghubungi staf Tourist Information Center atau kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk keperluan ini.

Operator Menyelam
Jika Anda memerlukan jasa ke titik penyelaman terbaik maka Anda sanggup menghubungi Halmahera Tour yang merupakan satu-satunya operator menyelam di Halmahera Utara. Halmahera Tour juga mempunyai agenda khusus bagi para diver pemula. Lebih lengkapnya, Anda sanggup mengunjungi situs www.halmahera-tour.com.

Close Menu