Kepulauan Widi – Wisata Halmahera Selatan

 Masyarakat di tempat ini lebih sering menyebut  Kepulauan Widi - Wisata Halmahera Selatan

Kepulauan Widi dikenal dengan sebutan “Pulau Widi” dan “Pulau Weda”. Masyarakat di tempat ini lebih sering menyebut “Pulau Widi”. Kepulauan Widi menyimpan sejuta pesona yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan jikalau Anda mengunjungi tempat ini. Kepulauan Widi berada di desa Gane Luar, Kecamatan Gane Timur Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

 Masyarakat di tempat ini lebih sering menyebut  Kepulauan Widi - Wisata Halmahera Selatan
Desa Gane Luar berada di pulau Halmahera tepatnya berseberangan dengan Pulau Widi
Pulau-pulau di kepulauan Widi mempunyai keunikan tersendiri, hamparan pasir putih yang luas, bahari yang jernihnya bagaikan kristal, terumbu karang dan kaya dengan banyak sekali jenis ikan berwarna-warni akan menciptakan Anda takjub disini. Kepulauan Widi sanggup dikatakan sebagai kepulauan terindah di Provinsi Maluku Utara sehingga tidak heran tempat ini sering dikunjungi oleh turis mancanegara meskipun terusan yang masih sulit dan belum tersedia akomodasi apapun di tempat ini.

 Masyarakat di tempat ini lebih sering menyebut  Kepulauan Widi - Wisata Halmahera Selatan
Sumber: Foto Kanenori Miura
Kepulauan Widi terdapat 99 pulau, 3 atol dan mempunyai dua gugus pulau yang dikenal oleh masyarakat nelayan, yakni Pulau Daga Gane (berhadapan dengan kecamatan Gane) dan Daga Weda (berhadapan dengan kecamatan Weda). Pulau ini menjadi nirwana bagi para nelayan sebagai sumber rejeki bagi masyarakat alasannya ialah mempunyai potensi perikanan yang besar. Di pulau tersebut juga ada danau dan airnya ialah air tawar yang boleh di komsumsi warga. Kepulauan Widi mempunyai banyak spot wisata bawah bahari dan menjadi nirwana bagi para penggemar diving dan snorkeling.

 Masyarakat di tempat ini lebih sering menyebut  Kepulauan Widi - Wisata Halmahera Selatan
Sumber: Foto Kanenori Miura

Akses ke Kepulauan Widi
Akses ke Kepulauan Widi cukup menantang alasannya ialah memerlukan waktu yang cukup usang untuk mencapai tempat ini. Terdapat beberapa opsi untuk ke tempat ini.

*Jika Anda berada di Kota Ternate, Anda sanggup memakai kapal bahari menuju pelabuhan Saketa, Kecamatan Gane Barat dengan usang perjalanan sekitar 5 jam. Kemudian Anda melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Gane Timur dengan waktu tempuh sekitar 3 jam memakai kendaraan roda dua (ojek). Selanjutnya, dari kecamatan Gane Timur menuju Kepulauan Widi, Anda sanggup memakai speedboat atau longboat, lama perjalanannya sekitar 2 jam.
*Jika Anda berada di Pulau Bacan, Anda juga sanggup menentukan perjalanan ke kecamatan Gane terlebih dahulu sehabis itu melanjutkan perjalanan dengan speedboat ke Kepulauan Widi. Untuk terusan terbaiknya, Anda sanggup berkonsultasi terlebih dahulu di pelabuhan.

Close Menu