Legenda Hantu Banyu Di Palembang


wongkitogalo.id – Sungai Musi yang membelah tempat hilir dan hulu di Palembang menyimpan banyak cerita. Tak hanya kisah sejarah dan legenda, juga ada kisah mistisnya.
Soal kisah mistisnya, yang paling terkenal di kalangan warga Palembang yaitu sosok Hantu Banyu dan ikan yang bentuknya mirip naga.

“Boleh percaya atau tidak, namun Hantu Banyu itu memang ada. Dari kisah warga yang melihat, bentuknya mirip insan dan siamang, rambutnya panjang dan berlendir,” kata Sejarawan Palembang, Ali Hanafiah”,

Dia menyampaikan pada rumah di pinggiran Sungai Musi biasanya ada tangga kayu yang pribadi mengarah ke sungai. Biasanya ada lendir di tangga tersebut. Itu dipakai hantu banyu untuk menjebak orang semoga terpeleset ke dalam sungai, dan si hantu sudah menunggu di bawah. 

“Namun umumnya yang menjadi korbannya yaitu para pendatang. Jika tidak ada pendatang baru, warga sekitar yang menjadi korbannya. Percaya atau tidak, namun setiap tahun sering ada korbannya,” kata Ali. 

‎Banyak kasus janjkematian misterius di Sungai Musi, mulai dari tenggelam, terpeleset ataupun hanyut dikala berenang dan memancing. Ciri dari korban Hantu Banyu sendiri yaitu mayatnya akan timbul dari dalam sungai di mana tempatnya hilang dikala 1-2 hari kemudian.

sudah banyak orang yang meninggal alasannya karam di sungai musi

dikutip dari aneka macam sumber yang terpercaya.

Close Menu