Masjid Al-Munawaroh – Landmark Kota Ternate

 yang dibangun oleh Pemerintah kota Ternate di bibir pantai kota itu Masjid Al-Munawaroh - Landmark Kota Ternate

Masjid Al-Munawaroh yaitu sebuah masjid di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, yang dibangun oleh Pemerintah kota Ternate di bibir pantai kota itu. Masjid ini begitu menawan dipandang dari laut, dengan dua menaranya yang memang dibangun di laut, menunjukkan pemandangan yang begitu indah. Masjid Raya Al-Munawaroh sekarang menjadi landmark kota Ternate.


Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 6 Hektar, dengan luas masjidnya sendiri mencapai 9.512 meter persegi, dan dirancang untuk menampung 15.000 jamaah sekaligus. Hal ini masuk akal mengingat kota Ternate memang bervisi sebagai kota Madani dengan penduduk 650 ribu jiwa lebih dan 95% penduduknya beragama Islam. Pembangunan masjid ini memakan waktu selama tujuh tahun, dari tahun 2003 sampai tahun 2010.


Masjid Raya Al-Munawaroh dilengkapi dengan 4 menara setinggi 44 meter, dua dari menara tersebut memang dibangun di atas laut. Sesuai dengan Permendagri Nomor 45 Tahun 2007, Masjid Al-Munawwar termasuk kategori bangunan monumental dengan spesifikasi khusus. Dimana beberapa materi bangunan masjid menyerupai keramik dan lampu didatangkan pribadi dari Negara Turki.

Close Menu