Membuat Daftar Isi Khusus Posting | Jump Link Blogger

cari info terbaru wacana info Google Membuat Daftar Isi Khusus Posting | Jump Link Blogger

Sahabat SEO Blogger! Lama juga tidak posting tips blogger, Sibuk mencari-cari info terbaru wacana info Google. Emang Google selalu update layanannya. Baiklah kita bahas tips blogger berikut yaitu

Membuat daftar isi khusus posting | Jump Link Blogger

Daftar isi khusus posting atau menciptakan jump link di blogger ini bukan menciptakan daftar isi blog secara keseluruhan, hanya pada satu posting saja. Jump link sama pentingnya menciptakan link internal untuk mempermudah pengunjung menjelajahi isi blog kita. Jump link artinya link yang melompat ke sebuah artikel di dalam posting. Bukan link eksternal atau link internal dalam artikel lain yang terkait. Jump link ini menyerupai read more, back to top, back to bottom dll, namun berbeda fungsi dan isyarat tentunya. Untuk demo silakan cermati dan klik menciptakan daftar isi posting jump link blogger di bawah ini :
Arti Jump Link
Fungsi Jump Link
Cara Kerja Jump Link
Membuat Jump Link

Arti Jump Link

Jump link kalau diartikan yakni link yang melompat. Tetapi dalam satu posting tertentu, tanpa loading, tanpa membuka tab baru, dan tanpa membutuhkan script yang memberatkan. Banyak sekali model jump link ini digunakan. Seperti halnya readmore (Baca selengkapnya), Back to top, nah jump link juga diartikan link yang merujuk tapi dalam sebuah posting. Yaitu daftar isi khusus di posting. Sudah paham? Mari kita lanjut gan!

Fungsi Jump Link

Seperti di utarakan di atas, jump link berfungsi untuk menegaskan dan mempermudah pembaca menjelajahi, membolak-balik, membaca ulang, atau pun menuju ke sebuah kata atau kalimat yang diklik. Fungsi ini menyerupai daftar isi, tapi khusus di dalam sebuah posting blogger. Sudah paham juga fungsi jump link? Lanjut lagi bacanya

Cara kerja Jump Link

Seperti read more, atau lebih tepatnya back to top, cara kerja jump link yakni memasukkan isyarat link sebagai daftar, kemudian menciptakan sasaran (tujuan jump link). Sebagai rujukan berikut alurnya :
Buat artikel > Buat Kode jump link> Buat sasaran atau tujuan kata yang dibutuhkan (penargetan)

Ingat, isyarat jump link dan sasaran haruslah sama. Misalkan kita memanggil nama seseorang, kalau nama yang dituju berbeda, orangnya juga beda kan? 😀

Back to Menu

Membuat Jump Link

Untuk menciptakan jump link di blogger sangat mudah. Tanpa script yang memberatkan, tanpa juga loading blog. Bila kita menciptakan back to top (sederhana) loading tidak akan muncul. Berikut cara menciptakan jump link di blogger.

a. Buat Artikel
Buatlah artikel misalkan 4 paragraf. Misal paragraf 1 kata pertama yakni ‘satu’, paragraf 2 kata pertama yakni ‘dua’, paragraf 3 kata pertamanya yakni tiga, dst

b. Buat isyarat Jump Link (sebuah link daftar isi)
Dari artikel di atas maka setiap link jump link yakni sebagai berikut :
<a href=”#satu”/>paragraf 1</a>
<a href=”#dua”/>paragraf 2</a>
<a href=”#tiga”/>paragraf 3</a>
<a href=”#empat”/>paragraf 4</a>

c. Buat sasaran atau tujuan yang dibutuhkan (penargetan). Inilah cara menciptakan kata yang ditargetan.
Satu
bla bla bal (isi paragraf 1)

Dua
bla bla bal (isi paragraf 2)

Tiga
bla bla bal (isi paragraf 3)

Empat
bla bla bal (isi paragraf 4)

Setiap kata ‘satu’, ‘dua’, ‘tiga’ dst harus diberi nama atau target. Pemberian sasaran nama yakni sebagai berikut :
<div id=”satu”/>
Satu
</div>

dst.
Jika sudah, klik publish dan lihat hasilnya. Akhirnya menciptakan jump link di blogger sukses dijalankan. Praktis bukan?

Membuat daftar isi khusus posting | jump link blogger ini kita buat ketika posisi EDIT HTML. Usahakan berada pada posisi tersebut. Kesalahan ketika Compose aktif akan menciptakan isyarat juga berubah. Saya sudah mempraktekkan di blog yang lain dan ternyata perlu menghapus beberapa kali id blog. Dan jangan lupa menambahkan tanda # di url jump link. Dengan isyarat jump link ini tetap lolos W3 Validator. Artinya menciptakan jump link di blogger ini tetap Valid HTML5. Untuk problem yang dihadapi, silahkan berkomentar!

Close Menu