Pulau Samada Besar – Wisata Pulau Taliabu (Provinsi Maluku Utara)

 Pulau Samada Besar berada di bab utara Kabupaten  Pulau Samada Besar - Wisata PULAU TALIABU (Provinsi Maluku Utara)

Pulau Samada Besar berada di bab utara Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara. Pulau Samada Besar mempunyai panorama pantai pasir putih yang halus. Pohon pinus tumbuh disepanjang pantai Pulau Samada Besar. Kekayaan alam bawah maritim perairan Pulau Samada Besar juga mempunyai daya tarik tersendiri untuk melaksanakan kegiatan diving maupun snorkeling.
Terumbu karang menghiasi perairan Pulau Taliabu dengan tutupan karang yang tinggi serta mempunyai beberapa bentuk pertumbuhan yang bervariatif. Anda sanggup menemukan bentuk pertumbuhan berupa karang meja hingga pada bentuk pertumbuhan karang masif yang mengelilingi tempat ini hingga kedalaman 20 meter. Tutupan karang tempat ini mencapai 80% dan tergolong dalam kategori sangat baik. 
 Pulau Samada Besar berada di bab utara Kabupaten  Pulau Samada Besar - Wisata PULAU TALIABU (Provinsi Maluku Utara)
Sumber: Foto Jason Isley – Diego Andres Garcia
Pulau ini juga mempunyai keunikan tersendiri dibanding dengan tempat lain alasannya yaitu terdapat labirin-labirin yang membentuk gua. Titik kordinat tempat ini terletak pada S 1°34′43.7″ E 124°28′40.2″ dengan kejernihan air sekitar 20 hingga 30 meter. Jenis-jenis biota unik menarik yang sanggup Anda temui yaitu eagle ray, giant gobby, giant clam, acanturus, angel fish, parrot fish, grouper, schooling yellow snapper, cardinal fish, butterfly fish, blue spot sting-ray, sweet lip, jaw fish dan beberapa jenis ikan hias yang mempunyai warna yang sangat indah.
Lokasi ini sanggup ditempuh dengan speedboat dengan jarak tempuh ± 5 jam dari Bobong, Ibukota Kabupaten Pulau Taliabu.

Close Menu