Sungai Musi Palembang

Sungai Musi Palembang

Panjang sungai musi adalah mencapai 750 km. Sungai musi merupakan salah satu dari sungai terpanjang di Indonesia. Sejak masa jaman kerajaan Sriwijaya, sungai musi sudah populer sebagai media perhubungan utama masyarakat. Di tepi tempat wisata palembang indonesia yang berupa sungai ini terdapat beraneka ragam tempat prasarana masyarakat menyerupai pelabuhan blast baru, benteng kuto besak dan exhibition hall sultan mahmud badaruddin II.

Sungai musi merupakan salah satu dari sungai terpanjang di Indonesia Sungai Musi

Baca Juga- Pariwisata Palembang Indonesia

rental mobil palembang

Sungai musi merupakan sebuah sungai yang membelah Kota Palembang menjadi dua bab bagian, yakni bab seberang ilir di bab utara dan seberang ulu di bab selatan. Mata airnya dari sungai musi bersumber di daerah Kepahiang, Bengkulu dan daerah lainnya di wilayah sumatra selatan. Sungai musi merupakan muara sembilan anak sungai besar, yaitu sungai batanghari, komering, rawas, leko, lakitan, semangus, kelingi, lematang, dan ogan. Sungai musi sangat penting bagi masyarakat palembang lantaran sebagai salah satu alternatif sarana transportasi dan pariwisata. Hal ini dibuktikan dari banyaknya bahtera engine yang mondar-mandir membawa penumpang yang ingin menyeberang dan banyaknya bahtera – bahtera yang membawa para pelancong baik pelancong luar negeri maupun dalam negeri.

rental mobil palembang

Biasanya pengunjung sungai musi berdatangan dikala menjelang matahari terbenam alasannya keindahan matahari terbenam inilah yang mereka cari dan suasana malam yang diterangi lampu-lampu di sekitar sungai musi.

Sungai musi menjadi tempat rekreasi untuk semua kalangan baik itu tua, muda bahkan anak-anak, termasuk wisatawan di luar kota palembang. Ketika bulan Agustus, tepatnya di hari peringatan kemerdekaan Indonesia, di sungai musi diadakan pekan raya air, menyerupai perlombaan bahtera (bidar) yang sudah populer samapi ke luar negeri, kontes menghias perahu, perlombaan berenang menyeberangi sungai dan banyak lagi perlombaan – perlombaan lainya.

Sungai yang terletak di tengah Kota Palembang ini merupakan objek pariwisata alam yang sangat murah. Untuk memasuki daerah ini pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk lantaran sungai musi merupakan daerah terbuka. Hanya saja jikalau mereka ingin mengarungi sungai musi mereka perlu membuka kantong untuk jasa transportasi. Pengunjung sanggup menyewa bahtera engine dengan tarif antara Rp.50.000, hingga Rp.100.000,- tergantung kelihaian penyewa dalam berperang harga (tawar-menawar). Jika pengunjung berada jauh dari Kota Palembang untuk mencapai sentra pariwisata sungai musi pengunjung sanggup memakai angkutan kota atau transport trans musi dengan jurusan ampera atau pasar 16 ilir.

Sebagai bab dari kota pariwisata indonesia, palembang juga banyak menyediakan inn/penginapan dengan tarif yang bervariasi tergantung fasilitas. Sedangkan untuk keperluan makan pengunjung tidak perlu resah lantaran di palembang ini terdapat banyak rumah makan, baik yang ada di pinggir sungai, rumah terapung ataupun di tempat lainya. Rumah-rumah makan tersebut memperlihatkan sajian andalannya, menyerupai pindang ikan patin yang merupakan masakan khas Kota Palembang. Selain itu, di sekitar sungai musi terdapat penjual kerupuk, pempek palembang dan kerajinan-kerajinan tangan, menyerupai songket dan kain jumputan.

Leave a Reply

Close Menu