Telaga Legaye Lol (Yonelo) – Wisata Halmahera Tengah

 salah satu telaga yang menjadi destinasi wisata yakni Telaga Legaye Lol yang dikenal jug Telaga Legaye Lol (Yonelo) - Wisata Halmahera Tengah

Halmahera terdapat banyak telaga, salah satu telaga yang menjadi destinasi wisata yakni Telaga Legaye Lol yang dikenal juga dengan sebutan Yonelo. Telaga Yonelo  berada di Desa Sagea, Kab. Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara. Telaga ini yakni sebuah danau air payau yang terletak di kaki bukit Legaye Lol di sebelah barat desa Sagea. 


Panjang Danau ini kurang lebih 2,5 km dan lebar 2,4 km. Keunikan danau ini yakni di tengahnya terdapat pulau kecil yang diberi nama Pulau Yefi. Di pesisir danau terdapat banyak sekali macam jenis flora baik bakau dan jenis kayu lainnya. Di dasar danau hidup kerang-kerang danau yang sanggup diolah untuk menjadi masakan menyerupai abon dan sebagainya dengan kadar protein yang sangat tinggi.
Jarak yang ditempuh untuk mencapai gerbang danau kurang lebih 2 km, dengan usang perjalanan kurang lebih 25 menit dari desa Sagea. Dan sarana transportasi yang dipakai untuk mengunjungi danau ini yakni long boat, atau transportasi tradisional (ketinting). Jarak telaga Yonelo dari Weda yakni 56 km.
Di ujung danau ini terdapat sebuah makam yang berdekatan dengan sebuah mata air tawar. Konon di daerah ini dimakamkan turunan kesultanan Jailolo yang berjulukan Muhammad Taher. Hingga kini, makam ini dikeramatkan oleh masyarakat Sagea dan sekitarnya. Makam ini sering dijadikan sebagai daerah ziarah baik oleh masyarakat sekitar maupun masyarakat yang ada di luar Kabupaten Halmahera.

Close Menu