Wisata Pancing Pulau Woda – Wisata Kota Tidore

Pulau Woda terletak di wilayah Kecamatan Oba Wisata Pancing Pulau Woda - Wisata Kota Tidore

Pulau Woda terletak di wilayah Kecamatan Oba, Tidore, Provinsi Maluku Utara. Saat ini Pulau Woda dikenal sebagai Pulau yang tak berpenghuni. Namun, pada masa kemudian Pulau Woda yaitu Pulau yang berpenghuni dengan mata pencaharian utama penduduknya sebagai nelayan. Asal mula penduduk yang dulu menempati Pulau ini yaitu dari Pulau Mare, mulai menetap dan tinggal di Pulau Woda sampai menjadikannya desa induk pada ketika itu. Penduduk Woda hasilnya dipindahkan oleh Pemerintah ke Pulau Halmahera sehingga menjadi Pulau yang tak berpenghuni.

Di Pulau Woda, kita masih sanggup melihat sisa-sisa peninggalan dari penduduk Woda ketika menempati Pulau tersebut. Saat ini Pulau Woda dibangun menjadi kawasan wisata yang dipelopori oleh Muhammad Talabudin, yang biasa disapa Koce dan berasal dari garis keturunan penghuni pertama yang menetap di Pulau Woda. Koce sebagai penanggung jawab atas pulau ini dan menjaga kelestarian hutan bakau, terumbu karang, populasi ikan laut, dan kebersihan lingkungan pesisir pantai Pulau Woda

Pulau Woda terletak di wilayah Kecamatan Oba Wisata Pancing Pulau Woda - Wisata Kota Tidore

Koce membangun sebuah rumah di atas maritim Pulau Woda. Rumah ini kemudian menjadi kawasan tinggal sementara para nelayan ketika tiba ke Pulau Woda, untuk istirahat ketika malam, dan mulai menjadi kawasan peristirahatan keluarga dan teman ketika tiba berlibur ke Pulau Woda. Dengan rumah peristirahatan, pengalaman memancing di pulau woda dan pengetahuan spot memancing di sana dan didukung oleh alat transportasi maritim berupa dua buah bahtera maka dibuatlah Paket Wisata Pancing di Pulau Woda. Di dalam paket tersebut termasuk fasilitas dari pelabuhan Gita/Payahe di Kota Tidore, penginapan di Fola Gao (Rumah Pancing), dan konsumsi.


Aktivitas yang sanggup Anda lakukan di Pulau Woda:

*Ikut serta atau melihat eksklusif proses penangkapan umpan ikan dengan memakai jaring atau Kofo. Bagi yang ikut serta artinya ikut turun ke maritim mengusir ikan biar masuk ke jaring, membantu menurunkan dan mengangkat jaring, dan melepaskan ikan dari jaring.

*Ikut serta proses penangkapan kepiting laut.

*Jalan-jalan melihat sisa peninggalan bangunan warga yang dulu pernah menghuni Pulau Woda.

*Jalan-jalan menaiki bukit Pulau Woda untuk melihat pemandangan yang indah di sekitar Pulau Woda 360 derajat.

*Berenang. Tersedia juga pelampung dan ban renang.


Pulau Woda terletak di wilayah Kecamatan Oba Wisata Pancing Pulau Woda - Wisata Kota Tidore

Terdapat banyak spot mancing yang tersedia di sekitar Pulau Woda yang sanggup diadaptasi dengan piranti pancing Anda atau sesuai ikan apa yang ingin anda pancing. Jenis ikan yang paling banyak di Pulau Woda yaitu ikan Kerapu (Goropa). Selain itu banyak pula jenis ikan yang lain.
Sarana dan Prasarana disini masih terbatas. Namun, ketika ini sedang dibenahi oleh Koce. Untuk lebih detilnya mengenai Wisata Pancing Pulau Woda, Anda sanggup mengunjungi halaman website ini: www.wodaisland.com. 

Close Menu